Sumber gambar : pinterest.com
Fungsi Budaya Organisasi Menurut Para Ahli > Budaya organisasi merupakan norma yang menginformasikan kepada seluruh anggota organisasi mengenai Budaya organisasi sebagai perangkat sistem nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, asumsi-asumsi, atau norma-norma yang telah lama berlaku, disepakati dan diikuti oleh para anggota suatu organisasi sebagai pedoman perilaku dan pemecahan masalah-masalah organisasinya. Budaya organisasi juga disebut budaya perusahaan, yaitu seperangkat nilai- nilai atau norma-norma yang telah relatif lama berlakunya, dianut bersama oleh para anggota organisasi pegawai sebagai norma perilaku dalam menyelesaikan masalah-masalah organisasi. Berikut fungsi budaya organisasi menurut para ahli, Robbins (2009). | |
1. | Budaya
menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain. |
2. | Budaya
membawa suatu rasa identitas bagi anggota- anggota organisasi. |
3. | Budaya
mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada
kepentingan diri individual seseorang. |
4. | Budaya
merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan
memberikan standar- standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan. |
5. | Budaya
sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap
serta perilaku karyawan. |
Sedangkan
menurut Sunarto (2008), budaya organisasi mempunyai beberapa fungsi antara
lain: | |
1. | Budaya
organisasi berfungsi sebagai pengikat seluruh komponen organisasi, terutama
pada saat organisasi menghadapi guncangan baik dari dalam maupun dari luar
akibat adanya perubahan. |
2. | Budaya
organisasi merupakan alat untuk menyatukan beragam sifat, karakter, bakat dan
kemampuan yang ada di dalam organisasi. |
3. | Budaya
organisasi merupakan salah satu identitas organisasi, artinya perusahaan
memiliki identitas sebagai perusahaan yang mengutamakan ketepatan dan
kecepatan. |
4. | Budaya
organisasi berfungsi sebagai suntikan energi untuk mencapai kinerja yang
tinggi. |
5. | Budaya
organisasi merupakan representasi dari ciri kualitas yang berlaku dalam
organisasi tersebut. |
6. | Budaya
organisasi merupakan pemberi semangat bagi para anggota organisasi.
Organsiasi yang kuat akan menjadi motivator yang kuat juga bagi para
anggotanya. |
7. | Adanya
perubahan di dalam suatu organisasi akan membawa pandangan baru tentang
kepemimpinan. Seorang pemimpin akan dikatakan berhasil apabila dapat membawa
anggotanya keluar dari krisis akibat perubahan yang terjadi. Keberhasilan
pemimpin disebabkan karena ia memiliki visi dan misi yang kuat. |
8. | Salah satu
fungsi budaya organisasi adalah untuk meningkatkan nilai dari stakeholder
nya, yaitu anggota organisasi, pelanggan, pemasok dan pihak pihak lain yang
berhubungan dengan organisasi. |
Hubungan antara individu di dalam organisasi dan partisipasi mereka dalam pengambilan keputusan dianggap penting. Asumsi yang melatar belakangi tipe budaya organisasi adalah setiap orang mau terlibat dalam organisasi jika mereka benar-benar merasa menjadi anggota organisasi dan mendapat perhatian dari organisasi. Budaya organisasi merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan. Budaya organisasi sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku karyawan di dalam organisasi. |
Artikel Terkait