Metode Pengukuran Produktivitas Menurut Para Ahli

Metode Pengukuran Produktivitas Menurut Para Ahli > Produktivitas yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Productivity ini pada dasarnya terdiri dari
Sumber gambar : pinterest.com

Metode Pengukuran Produktivitas Menurut Para Ahli > Produktivitas yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Productivity ini pada dasarnya terdiri dari dua kata yaitu “Product” dan “Activity” yang artinya adalah Kegiatan untuk menghasilkan sesuatu, baik itu berupa Produk ataupun Jasa/Layanan. Produktivitas kerja yang tinggi adalah melakukan pekerjaan dalam waktu sesingkat mungkin dengan penggunaan sumber daya yang sesedikit mungkin tanpa mengorbankan kualitas yang ditentukan.

Produktivitas tidak hanya digunakan untuk mengukur efisiensi kerja karyawan atau pegawai, namun juga sering digunakan untuk menilai perkembangan negara, Ekonomi, Industri, bisnis, Industri bahkan pada individu kita sendiri. Berikut metode pengukuran produktivitas menurut para ahli.
1.
Metode Manajemen dengan objektif
Metode ini mengukur produktivitas karyawan dengan cara menunjukkan penampilan karyawan yang berkontribusi terhadap target dan tujuan bisnis. Namun sebelumnya karyawan harus diberikan informasi terlebih dahulu terkait target-target yang harus dicapai. Evaluasi juga perlu dilakukan dalam rentang waktu tertentu agar ada tindak lanjut yang berkesinambungan.
2.
Metode feedback 360 derajat
Metode ini dipercaya sebagai metode yang paling efektif untuk mendapatkan nilai dari produktivitas karyawan. Hal ini dikarenakan karyawan yang dinilai dapat menerima masukan berupa kritik maupun saran dari seluruh rekan kerjanya di kantor, termasuk atasan maupun bawahannya. Namun agar penilaian bersifat lebih akurat sebaikanya dilakukan pada rekan kerja yang sering melakukan interaksi dengannya saat bekerja di kantor. Metode ini juga bisa menilai kebiasaan karyawan tersebut dari berbagai sudut pandang.
3.
Metode pengukuran secara kuantitatif
Dibandingkan dengan metode lainnya, metode pengukuran secara kuantitaf ini terbilang paling sederhana. Metode ini dilakukan dengan cara menghitung produk yang dihasilkan oleh karyawan dalam kurun waktu tertentu. Hasilnya bisa dilihat dari kualitas produk, atau jika pada sebuah perusahaan jasa dapat dilihat dari layanan yang diberikan kepada customer.

Pengukuran produktivitas bertujuan menentukan jenis rasio mana yang digunakan dan diantaranya banyak macam produktivitas nilai “Value Produktivity” produktivitas nilai tambah atau value added productivity lebih cocok digunakan untuk menggambarkan peningkatan produktivitas dan pembagian hasilnya. Hal ini dikarenakan nilai tambah umumnya merupakan sumber dari pembagian hasil produksi ditingkat ekonomi secara nasional maupun tingkat perusahaan.


Lebih baru Lebih lama