Pengertian Gaya kepemimpinan Menurut Para Ahli

Pengertian Gaya kepemimpinan Menurut Para Ahli > Gaya kepemimpinan (Leadership style)  telah muncul bersamaan dengan dimulainya sejarah manusia yaitu
Sumber gambar : pinterest.com

Pengertian Gaya kepemimpinan Menurut Para Ahli > Gaya kepemimpinan (Leadership style)  telah muncul bersamaan dengan dimulainya sejarah manusia yaitu sejak manusia menyadari pentingnya hidup berkelompok untuk mencapai tujuan bersama. Mereka membutuhkan seseorang atau beberapa orang yang mempunyai kelebihan-kelebihan daripada yang lain, terlepas dalam bentuk apa kelompok manusia itu dibentuk.

Gaya kepemimpinan seorang pemimpin merupakan hal yang ikut menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dalam organisasi, sehingga dalam penerapannya gaya kepemimpinan akan mempengaruhi para pegawai atau karyawan dalam bekerja. Berikut pengertian gaya kepemimpinan menurut para ahli.
1.
Hasibuan (2011)
Gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan, agar mau bekerja sama dan bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.
2.
Robbins (2009)
Gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan seseorang untuk mempengaruhi kelompok menuju tercapainya sasaran.
3.
Tjiptono (2010)
Gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang digunakan pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahannya.
4.
Hersey (2004)
Gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku (kata-kata dan tindakan-tindakan) dari seorang pemimpin yang dirasakan oleh orang lain atau bawahan.
5.
Rivai dan Ella (2013:78)
Gaya kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain.
6.
Siagian (2012)
Gaya kepemimpinan adalah suatu cara dan proses kompleks dimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu misi, tugas atau suatu sasaran dan mengarahkan organisasi dengan cara yang lebih masuk akal.
7.
Kartono (2008)
Gaya kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, tempramen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain.
8.
Supardo (2006)
Gaya kepemimpinan adalah suatu cara dan proses kompleks dimana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk mencapai suatu misi, tugas atau suatu sasaran dan mengarahkan organisasi dengan cara yang lebih masuk akal.
9.
Rivai (2014)
Gaya kepemimpinan adalah sekumpulan ciri yang digunakan pimpinan untuk memengaruhi bawahan agar sasaran organisasi tercapai atau dapat pula dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai dan sering diterapkan oleh seorang pemimpin.
10.
Thoha (2010)
Gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain atau bawahan.

Keberadaan seorang pemimpin perlu ikut ambil bagian dan mampu menyelesaikan masalah yang timbul secara bersama-sama, dalam kelompok kerja yang terbentuk dalam organisasi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas akan lebih cepat dan memberikan hasil yang optimal.


Lebih baru Lebih lama