Teori Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Teori Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli > Gaya kepemimpinan (Leadership style)  telah muncul bersamaan dengan dimulainya sejarah manusia yaitu
Sumber gambar : pinterest.com

Teori Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli > Gaya kepemimpinan (Leadership style)  telah muncul bersamaan dengan dimulainya sejarah manusia yaitu sejak manusia menyadari pentingnya hidup berkelompok untuk mencapai tujuan bersama. Mereka membutuhkan seseorang atau beberapa orang yang mempunyai kelebihan-kelebihan daripada yang lain, terlepas dalam bentuk apa kelompok manusia itu dibentuk.

Gaya kepemimpinan seorang pemimpin merupakan hal yang ikut menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dalam organisasi, sehingga dalam penerapannya gaya kepemimpinan akan mempengaruhi para pegawai atau karyawan dalam bekerja. Berikut teori gaya kepemimpinan menurut para ahli, Istijanto (2006).
1.
Kepemimpinan atas dasar struktur
Kepemimpinan yang menekankan struktur tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan dimana meliputi tugas pokok, fungsi, tanggung jawab, prestasi kerja dan ide (gagasan).
2.
Kepemimpinan berdasarkan pertimbangan
Kepemimpinan yang menekankan gaya kepemimpinan yang memberikan perhatian atas dukungan terhadap bawahan dimana meliputi peraturan, hubungan kerja dan etika.

Sedangkan menurut Purnomo dan Wijayanti (2013), gaya kepemimpinan bersumber dari beberapa teori, yaitu:
1.
Teori Bakat (traits)
Teori yang mencari karakter atau kepribadian, sosial, fisik, atau intelektual yang membedakan pemimpin dari bukan pemimpin. Bakat (traits) di-definisikan sebagai kecenderungan yang dapat diduga, yang mengarahkan perilaku individu berbuat dengan cara yang konsisten dan khas.
2.
Teori Perilaku
Teori perilaku kepemimpinan, yaitu teori-teori yang mengemukakan bahwa perilaku spesifik membedakan pemimpin dari bukan pemimpin. Kebanyakan perilaku kepemimpinan yang digambarkan oleh bawahan sebagai struktur prakarsa (initiating structure) dan pertimbangan (consideration), yaitu mempertimbangkan perasaan dan kesejahteraan para bawahan.
3.
Teori Situasional
Gaya situasional yang dikaitkan dengan tugas dan hubungan. Yang dimaksud dengan gaya situasional dikaitkan dengan tugas dan hubungan, yaitu bahwa seorang manajer atau pemimpin akan menggunakan gaya tertentu, tergantung pada apa yang menonjol, tugas atau hubungan.

Keberadaan seorang pemimpin perlu ikut ambil bagian dan mampu menyelesaikan masalah yang timbul secara bersama-sama, dalam kelompok kerja yang terbentuk dalam organisasi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas akan lebih cepat dan memberikan hasil yang optimal.


Lebih baru Lebih lama