Indikator Disiplin Kerja Menurut Para Ahli

Indikator Disiplin Kerja Menurut Para Ahli > Disiplin kerja merupakan suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan
Sumber gambar : pinterest.com

Indikator Disiplin Kerja Menurut Para Ahli > Disiplin kerja merupakan suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak, menerima sanksi-sanksi apabila melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Disiplin kerja akan mendorong pegawai atau karyawan membentuk suatu perilaku serta sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang untuk mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku. Berikut indikator disiplin kerja menurut para ahli, Dharmawan (2011).
1.
Kehadiran
Kehadiran adalah suatu kegiatan atau rutinitas yang dilakukan oleh karyawan untuk membuktikan dirinya hadir atau tidak hadir dalam bekerja di suatu instansi/tempat kerja. Meliputi beberapa indikator, yaitu:

a.
Absensi
Merupakan indikator yang menjelaskan tentang pola kebiasaan ketidakhadiran dari tugas atau kewajiban tanpa alasan yang kuat. Secara umum absensi adalah ketidakhadiran yang tidak direncanakan. Ketidakhadiran dipandang sebagai indikator kedisiplinan yang buruk serta pelanggaran kontrak implisit antara karyawan dengan perusahaan.

b.
Jam Kerja
Merupakan indikator yang menjelaskan tentang waktu yang digunakan seseorang dalam bekerja. Konsep jam kerja tidak mengikutsertakan waktu istirahat, akan tetapi hanya jumlah jam kerjanya saja.

c.
Ketepatan Waktu (Timeliness)
Ketepatan waktu merupakan indikator di mana suatu pekerjaan dapat diselesaikan, atau suatu hasil produksi dapat dicapai pada permulaan waktu yang ditetapkan bersamaan koordinasi dengan hasil kerja yang lain dan memaksimalkan waktu yang tersedia untuk kegiatan-kegiatan lain.
2.
Taat Peraturan
Taat peraturan adalah kesadaran seseorang untuk mematuhi dan melaksanakan aturan yang berlaku di tempat kerja. Sikap taat pada peraturan merupakan bagian dari tanggungjawab dan kewajiban karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Meliputi beberapa indikator, yaitu:

a.
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
Merupakan indikator kedisiplinan yang menekankan pada pencapaian sasaran waktu yang tepat atas pekerjaan yang dilakukan tanpa menunda pekerjaan ataupun menyia-nyiakan waktu yang tersisa.

b.
Bekerja sesuai dengan prosedur
Bekerja sesuai prosedur berarti karyawan dituntut untuk mengikuti serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku untuk mencapai hasil yangdiinginkan oleh perusahaan dan sesuai dengan harapan.

c.
Siap menerima sanksi
Artinya karyawan dituntut untuk siap menerima sanksi ataupun hukuman yang dijatuhkan kepadanya atas dasar kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan dalam bekerja.
3.
Norma
Norma adalah seluruh kaidah dan peraturan dan peraturan yang berlaku dan di terapkan di tempat kerja. Norma memiliki kekuatan yang sifatnya memaksa sehingga setiap orang yang melanggarnya akan dikenakan sanksi/hukuman. Meliputi beberapa indikator, yaitu:

a.
Berpakaian rapi
Merupakan tata cata berpakain yang baik dan benar di tempat kerja. Pakaian berfungsi sebagai penutup aurat, untuk menjaga kesehatan, dan untuk keindahan. Tata cara berpakaian yang baik sesuai dengan kode etik dari masing-masing perusahaan merupakan indikator yang penting dalam penilaian disiplin kerja karyawan.

b.
Kesopanan
Merupakan norma yang berkembang sebagai suatu aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang mengedepankan rasa saling hormat menghormati sehingga dapat terjalin suatu hubungan yang akrab.

c.
Tata Krama
Adalah indikator yang menjelaskan tentang kebiasaan yang positif yang yang muncul dalam hubungan antar manusia. Kebiasaan ini muncul karena adanya aksi dan reaksi dalam pergaulan. Rasa hormat merupakan hal penting yang mencerminkan tata krama yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan menurut Sutrisno (2009), terdapat empat indikator disiplin kerja, yaitu:
1.
Taat terhadap aturan waktu.
Dilihat dari jam masuk kerja, jam pulang, dan jam istirahat yang tepat waktu sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.
2.
Taat terhadap peraturan perusahaan.
Peraturan dasar tentang cara berpakaian, dan bertingkah laku dalam pekerjaan.
3.
Taat terhadap aturan perilaku dalam pekerjaan.
Ditunjukkan dengan cara-cara melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan jabatan, tugas, dan tanggung jawab serta cara berhubungan dengan unit kerja lain.
4.
Taat terhadap peraturan lainnya di perusahaan.
Aturan tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh para pegawai dalam perusahaan.

Bagi organisasi adanya disiplin kerja akan menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Sedangkan bagi pegawai akan diperoleh suasana kerja yang menyenangkan sehingga akan menambah semangat kerja dalam melaksanakan pekerjaannya.

Disiplin kerja juga memastikan bahwa perilaku-perilaku pegawai atau karyawan konsisten dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh organisasi dan menciptakan atau mempertahankan rasa hormat dan saling percaya diantara atasan dan bawahannya.


Lebih baru Lebih lama