Indikator Kompensasi Menurut Para Ahli

Indikator Kompensasi Menurut Para Ahli > Manajemen Kompensasi adalah hal-hal yang diatur dan direncanakan oleh organisasi/perorangan untuk
Sumber gambar : pinterest.com

Indikator Kompensasi Menurut Para Ahli > Manajemen Kompensasi adalah hal-hal yang diatur dan direncanakan oleh organisasi/perorangan untuk mengapresiasi hasil kinerja seseorang. Kompensasi merupakan imbalan jasa atau balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada para tenaga kerja, karena tenaga kerja tersebut telah memberikan sumbangan tenaga atau pikiran demi kemajuan perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Besarnya kompensasi ditentukan oleh beban kerja dan resiko kerja yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan yang mencerminkan status, pengalaman dan pemenuhan kebutuhan yang dinikmati oleh karyawan dan keluarganya. oleh karena itu dikatakan bahwa kompensasi timbul dari pekerjaanya. Berikut indikator kompensasi menurut para ahli, Husein Umar edisi Revisi (2011).
1.
Gaji
Imbalan yang diberikaan oleh pemberi kerja kepada pegawai, yang penerimaannya bersifat rutin dan tetap setiap bulan walaupun tidak masuk kerja maka gaji akan tetap diterima secara penuh.
2.
Insentif
Penghargaan atau ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para pekerja agar produktivitas kerjanya tinggi, sifatnya tidak tetap atau sewaktu waktu dapat berubah.
3.
Bonus pembayaran
Pembayaran sekaligus yang diberikan karena memenuhi sasaran kinerja.
4.
Upah
Pembayaran yang diberikan kepada pegawai dengan lamanya kerja.
5.
Premi
Premi adalah sesuatuyang diberikan sebagai hadiah d]atau derma atau sesuatau yang dibayarkan ekstra sebagai pendorong atau perancang atau sesuatu pembayaran tambahan di atas pembayaran normal
6.
Pengobatan
Pengobatan di dalam kompensasi adalah pemberian jasa dalam penanggulangan resiko yang dikaitkan dengan kesehatan karyawan.
7.
Asuransi
Asuransi merupakan penanggulangan resiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hokum kepada pihak ketiga yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti.

Sistem kompensasi juga sebagai salah satu sarana terpenting dalam membentuk perilaku dan mempengaruhi prestasi kerja pegawai atau karyawan di dalam sebuah perusahaan. Pemberian kompensasi pada karyawan yang berprestasi dapat mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik lagi untuk kepentingan perusahaan dalam mencapai tujuan di masa mendatang.

Dengan adanya pemberian kompensasi bagi karyawan maka dapat mengandung implikasi bahwa organisasi akan menggunakan tenaga karyawan dengan semaksimal dan seefisien mungkin dalam mencapai tujuan utama perusahaan terkait dengan perolehan laba usaha.


Lebih baru Lebih lama